Documentaries / Thoughts

Meningkatkan daya saing/nilai tambah barang dan jasa dalam negeri

Originally published for LPDP

Indonesia adalah salah satu negara dengan pencapaian ekonomi terbaik pada dekade kedua abad ke-21 ini. Ketika situasi ekonomi dunia rapuh akibat krisis yang menima Eropa, Jepang dan Amerika, pertumbuhan GPD di Indonesia terus stabil di tingkat 6%. Bagi saya, meskipun pencapaian ini membanggakan tapi tentunya kita tidak boleh lengah dan bermalas-malasan. Menurut pandangan saya, prestasi ini disokong oleh besarnya tingkat konsumsi dalam negeri, dan hasil ekspor dari sumber daya alam. Dimana berdasarkan kategori barang dan jasa, komoditas yang diperdagangkan Indonesia masih termasuk tipe rendah nilai tambah. Dalam jangka panjang bila daya saing industri dalam negeri tidak ditingkatkan, pertumbuhan ekonomi ini akan menemui kebuntuan.

Saya memiliki harapan dan keyakinan, bahwa  Bangsa Indonesia mampu menjadi salah satu produsen barang dan jasa berkualitas tinggi. Walaupun perjalanan menuju hal ini memerlukan perjuangan yang panjang, tapi beberapa bukti pencapaian seperti pesawat CN-235, N-250, ekspor persenjataan dan panser oleh PINDAD, menunjukkan bahwa hal tersebut tidaklah mustahil. Saya sendiri sebagai seseorang lulusan teknik industri yang memfokuskan diri pada sektor energi, berkomitmen untuk meningkatkan daya saing industri nasional di bidang ini.

Untuk itu, saat ini saya mengerjakan thesis mengenai teknologi pemanfaatan «flare gas» yang merupakan sisa-sisa produksi minyak dan gas alam yang biasanya dibakar. Pembakaran ini mengakibatkan pencemaran udara dalam jumlah yang sangat besar, dimana Indonesia termasuk dalam 20 negara dengen pembakaran «flare gas» terbesar di dunia. Dengan menggunakan teknologi yang sedang saya pelajari ini, alih-alih dibakar, gas tersebut dapat dimanfaatkan kembali seperti untuk pembangkit listrik maupun diolah menjadi LNG. Ditambah lagi adanya rencana studi kasus bersama satu perusahaan di Indonesia, maka teknologi ini memiliki potensi untuk menjadi bermanfaat bagi masyarakat di Indonesia.

Saat ini berdasarkan pengamatan saya, banyak perusahaan di Indonesia yang berkecimpung dalam dunia energi tapi baru bertindak sebagai agen atau distributor saja. Hal ini terkait akan kebijakan yang dibuat pemerintah yang mengharuskan dalam kegiatan eksplorasi dan produksi minyak dan gas alam, terdapat kontribusi industri lokal (local content). Hal ini telah dimanfaatkan oleh perusahaan lokal, namun sayangnya belum optimal. Akhirnya kebijakan ini hanyalah menambah kompleksitas dan biaya bagi usaha produksi minyak dan gas alam tersebut. Seharusnya perusahaan lokal bertindak sebagai produsen sehinggak kebijakan yang dibuat tersebut bisa memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat.

Awalnya memang dengan mengamati dan belajar dari institusi dari luar negeri. Tetapi, bersama beberapa teman-teman kami bertekad untuk juga mengembangkan perusahaan dalam negeri yang mampu menciptakan produk bernilai tambah tinggi di bidang energi. Bila dibandingkan dengan Malaysia yang kini sudah termasuk dalam 5 produsen panel surya (Photovoltaic) terbesar di dunia, rasa-rasanya bangsa Indonesia perlu bekerja keras agar tidak tertinggal lebih jauh. Rencana yang cukup efektif tidaklah terlepas dengan unsur kerjasama dan kolaborasi. Menyadari bahwa riset teknologi di luar negeri lebih maju pada saat ini, maka saya menilai keberadaan saya saat ini di luar negeri sebagai suatu modal penting dalam peningkatan daya saing produk dalam negeri.

Inisiatif kerja sama dan kewirausahaan bersama pihak luar negeri secara berangsur-angsur akan mampu meningkatkan daya saing barang/jasa Indonesia. Dengan kondisi negara yang saat ini relatif stabil dan generasi muda yang bertekad menghapus korupsi, Indonesia dapat menjadi rekan kerjasama yang menguntungkan. Ditambah lagi infrastruktur industri dan kualitas sumber daya manusia yang ada saat ini, sangat mungkin dikembangkan untuk mendukung kegiatan produksi barang dan jasa bernilai tambah tinggi. Berangsur-angsur, maka perusahaan yang saya kembangkan dapat memasarkan karya bernilai tambah tinggi yang murni hasil riset dan pengembangan anak bangsa.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s