Thoughts

Usulan Alokasi Subsidi

Karena segala masalah ekonomi yang sedang melanda negeri ini, entah langkah yang baik atau tidak tapi kenyataannya subsidi berbagai sektor dikurangi. Hal ini tentunya mengundang kemarahan rakyat, karena rakyat punya kebutuhan.

Nah, selain masalah ekonomi kita juga punya berbagai masalah lain. Dan yang menurut saya paling genting adalah masalah moral masyarakat kita. Lihat saja titip absen merajalela di kebanyakan kampus, kkn masih lazim, dan lain-lain. Yang paling menarik pehatian saya adalah masalah bajak-membajak musik.

Saya pribadi belum punya sikap apakah pro atau kontra, tapi tak bisa dipungkiri hal ini memang sebuah pencurian. Sungguhpun kebiasaan membajak dapat mempengaruhi mental bangsa. Salah duanya mental apresiatif dan kreatif. Walau memang dampak yang cukup membantu juga ada, misalnya menambah lapangan kerja, dan meningkatkan pewacanaan buat masyarakat.

Yang cukup menarik, teman saya Saska punya definisi lain mengenai pembajakan. Menurutnya kegiatan menduplikasi karya orang lain untuk kemudian dijual adalah bukan sebuah pembajakan. Pembajakan adalah ketika kita mengklaim sebuah karya cipta orang lain sebagai karya kita. Nah bagaimana pendapat teman-teman?

Jadi gimana, kalo dibuat subsidi untuk musik dan film. Sehingga masyarakat dapat menikmati barang-barang original yang legal namun terjangkau. Dan negara pun tak kehilangan pamornya di dunia internasional. Hehehe… kira-kira satu masalah beres dengan melahirkan segunung masalah lain…hehehehe….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s