Documentaries

And I’m Progressing

Cerita ini adalah tentang saya yang suka dengan olah raga Tennis. Sebetulnya sudah suka main dari dulu (SD), tapi mulai rutin sejak 6 bulan yang lalu. Hebatnya adalah saya sampai mendapat nama depan ‘atlet’ tennis juga, karena berhasil meraih medali perak (ganda putra) di Olimpiade KM ITB 2007 ini.

di Olimpiade KM ITB '07 Seberapa hebat sih saya ini? Sebenernya masih pemula banget sih, belum bisa dibilang jago juga. Tapi kalo untuk lingkungan saya, ya lumayan lah. Kekurangan saya adalah servis, belum punya yang mematikan nih.

Dan pada suatu hari rabu, tepatnya 2 minggu lalu saya berencana main tennis di Sabuga bareng teman-teman. Saya datang tepat waktu, tapi mengapa tidak ada orang? Akhirnya saya pemanasan dan bersiap-siap, tapi belum ada yang datang juga. Ya sudah daripada menunggu saya ‘pukul-pukul-an’ dulu sendiri. Akhirnya Si Preti TI’05 dateng, tapi cuman buat bilang bahwa ternyata tidak ada yang bisa ikutan main karena mau ada praktikum. Wah, sial. Gimana nih?

Akhirnya saya memutuskan untuk main tennis sendiri. Hah? Sendiri? Haha, iya sendiri. Iya, saya berpikir kenapa saya tidak latihan servis sendiri saja. Caranya adalah dengan mengantongi 10 bola, 3 di saku kiri, 3 di saku kanan, 2 di saku belakang, dan 2 saya pegang. Dengan celana yang menggembung, akhirnya saya ambil posisi dan melakukan servis. Setelah semua bola menyeberang lalu saya juga menyeberang lapangan dan melakukan servis lagi dari lapangan seberang. Hal itu terus dilakukan, berputar-putar, dan yah banyak juga yang ngeliatin, aneh juga sih main tenis sendirian.

Saya mulai dengan servis cupu ala saya. Yaitu slice, yang lemes jadi gak ada putarannya juga. Udah gitu ada masih suka nyangkut net pula. Tapi mikir-mikir dan kayaknya perlu nyoba gaya baru deh. Akhirnya nyobain flat serve, tapi pelan dulu ah. Ternyata bisa, asalkan grip ditahan tetap continental, trus badan harus ikut ngebantu pukulannya, diayun penuh dan yak! Lebih banyak yang masuk, dan simple juga yah.

Trus mencoba supaya pukulan ada tenaganya. Yang masih salah itu lemparan saya, terlalu pendek, dan gak berarah. Jadi pukulan keganggu dan gak jelas terus. Kata Kamal harusnya tangan tetap lurus (sikut gak boleh nekuk) pas ngelempar. Terus dicoba, hmm, okay saya ngerti gmana cara ngelemparnya. Simple sih, asalkan kita harus PD dan tenang.

Ambil posisi lagi. Bungkuk. Ayunkan tangan kiri, tetap lurus. Hup, bola dilempar sambil menarik raket ke punggung. Lalu ayun, whack! Syut! WOW! ternyata saya bisa! TERNYATA BEGITU YAH! memang benar inti servis bagus dari lemparannya!

Terus coba lagi dengan gerakan yang sama. Ternyata hasilnya sama. Berarti saya menemukan juga bentuk servisnya. Seru! Seru! Makin semangat nih latiannya jadinya. Gerakan tadi diulang dan diulang. Akhirnya saya bisa!

Dari yang cuman 30% yang masuk, meningkat, dan meningkat, sampai akhirnya bisa80% yang masuk!!! Trus dicoba tanpa mikir, eh tetep masuk, HORE!! Trus biar lebih bagus lagi, saya pikir lemparannya ditambah tinggi-in. Biar bisa ancang-ancang mukul lebih lama dan bisa mukul lebih keras. Dicoba, dan SUKSES!!! HAHA!!!

Ok, jadi sekarang dah nemu bentuk servis yang ok. Jadi punya 3 servis nih: slice, flat, ama flat kenceng! haha. Intinya gini:

1- Pastikan sikut tidak nekuk ketika melempar

2- Sambil lempar tarik raket samping ke punggung (lewat samping badan, jangan atas badan)

3- Pastiin ada ‘momen’ menunggu boal turun sebelum memukul. Kalo gak ada momen ini berarti lemparannya kurang tinggi.

4- Pukul tanpa keraguan sambil menekan bolanya kebawah.

5- Untung pukulan yang lebih kencang pastikan lemparan lebih tinggi dan ayuanan yang lebih keras.

YOOOOOOO!!!!!

Leave a Reply

