Documentaries

And They Said: “Love Is A Greater Mystery Than Death”

Iyah-iyah…tulisan dibawah ini gak seberat itu kok…

cuman tentang alkisah si nTo yang ‘menemukan’ definisi cinta…paling enggak versi dia…atau paling enggak sesuatu yang dia percayai sekarang

bermula dari suatu malam, gw ngobrol ama temen gw, yang rencananya mau nikah bentar lagi. Gw bilang ama dia “Eh, gw lagi deket ama seorang cewe nih. Gw suka banget ama dia, dan dia kayaknya suka juga ama gw. Apa gw jadian aja ya ama dia?”. Temen gw menjawab “Apa yang lo gak suka dari dia?”.

“Hmm..apa ya? Kayaknya sih gak ada?”

“Wah, cari dulu To. Lo harus cari tau apa yang lo gak suka dari dia. Lo harus bikin diri lo iffil dulu ama dia, baru lo bisa memutuskan dengan benar. Kalo lo buat keputusan pas lo lagi seneng-senengnya ya keputusannya pasti gak mateng. Tapi kalo lo udah ilfil tapi lo masih mau jadian ama dia, nah itu baru bener. Gw pribadi juga sebenernya udah ilfil ama pacar gw, tapi gw masih mau mempertahankan semua ini. Justru karena itulah gw lebih yakin ama hubungan kita berdua.”

Penjelasan temen gw itu baru bikin gw ‘ngeh’.  Iya juga sih. Cinta itu bukan perasaan. Cinta itu adalah sebuah keputusan, sebuah kata kerja. Untuk tetap menyayangi walaupun kita tidak suka, itulah cinta.

Makanya orang suka bilang mencintai apa adanya. Yaitu ketika udah ilfil tapi masih mau. Memang aneh, kayak gak logis, tapi sebetulnya logis sekali.

Yang perlu diingat, bedakan ‘suka’ dengan ‘cinta’. Suka itu adalah perasaan, sedangkan cinta adalah sebuah tindakan. Kalau orang bilang untuk melakukan kebaikan pada seseorang butuh bensin perasaan suka, nah kalo pas gak ada perasaan suka tapi kok masih mau menyayangi, bukannya itu namanya keajaiban. Nah cinta itu memang keajaiban kan?

LOVE IS A VERB, ITS ABOUT WHAT U DO, HAVE DONE, AND WILL DO TO HER/HIM. ITS NOT ABOUT HOW U FEEL.

Nah kalau tahapan mencintai itu bagaimana? Gw sangat suka penjelasan yang dipaparkan oleh Coldplay dalam lagu ‘Yellow’. Ada tiga tahap:

1- I jumped across, i jumped across for U. Maksud dari ‘jumped across’ adalah membuat keputusan tadi, mengambil resiko, dan melakukan sesuatu yang seru. Melompati jurang adalah hal yang gampang, tapi berbahaya. Sama seperti menyatakan perasaan ama seorang cewe, gampang tapi berbahaya seru pula. Ketika kita sudah berani mengambil keputusan itu dan melakukan hal-hal yang seru, maka kita sudah di tahap 1 dalam mencintai.

2- I swam across, i swam across for U. Nah maksud dari ‘swam across’ adalah perjuangan. Dalam mencintai kita perlu perjuangan dan pengorbanan. Apa sih resikonya berjuang? gak ada. Apa sih resikonya berenang? Gak ada. Cuman berat bener rasanya. Di tahap ke -dua ini jalannya lebih pasti dan aman, cuman beratnya setengah mati, ya kan? susah kan ngejaga hubungan?

3- I drew a line, i drew a line for U. Yang ini yang paling edan! maksud dari ‘drew a line’ adalah membuat prinsip hidup. Menentukan mana yang benar dan salah. Ketika seseorang sudah membuat garis dalam hidupnya maka jati dirinya menjadi kukuh. Kalo udah bikin garis, siap-siap dapet musuh, karena keberpihakan dirnya sudah jelas. jadi maksud frase ‘i drew a line for u’ adalah: kesediaan untuk menjadikan si seseorang itu bagian dari dirinya. Dan yah, inilah mungkin mencintai yang seutuhnya itu.

Salut bgt gw ama Coldplay yang bisa merangkumkan semuanya dalam lagu yang sangat indah!!!

5 thoughts on “And They Said: “Love Is A Greater Mystery Than Death”

  1. hix hix… kalo definisi cintanya begitu, baru aku percaya ada cinta.. hawhaw

    smangat ka anto! (cie yg lagi deket, jadi inget waktu itu pas menjelang buka puasa ka anto cerita apa gitu, lupa.. hehe)

  2. gw malah salutnya ama elo to. Profesor🙂.

    ga nyangka, 3 frasa singkat dari cold play bisa di artikan sedemikian dalam🙂.

    mudah2an dapat jodoh yang terbaik bro🙂

  3. to…
    emang lunar binasa maneh…
    urang geus berjuta2 kali ngadengekeun eta lagu..
    tak pernah terbersit betapa dalam kata-kata si ‘pemain dingin’ tersebut..

Leave a Reply

