Feelings

My Passion (?)

Sistem kerja terdiri dari tiga elemen: man, machine, dan material. Menurut saya unsur man memegang peran yang paling signifikan dalam menunjang performansi sistem tersebut.

Ketika dulu saya pernah bilang kalo saya telah menemukan arti hidup (dalam account friendster), itu adalah saat dimana saya sadar passion saya adalah mengenai human and organisational development. Ato mungkin organisasional development through human development ? I dunno, kalo dibalik2 lagi bisa juga tuh. Kayaknya kedua hal tadi sangat berkaitan.

Hasrat ini timbul dipengaruhi oleh riwayat perjalanan hidup saya tentunya, yaitu:

Pengalaman melihat langsung kehidupan yang mencemaskan di lingkungan yang manusia-manusianya terbelakang (Indonesia gitu loh!). Kuliah di Teknik Industri ITB yang bagaikan rujak gila mencampuradukkan segalanya tanpa mau mengakui bahwa dirinya adalah manajemen (masih berusaha ingin diakui sebagai anak gajah ganesha). Membaca buku-buku manajemen yang menggugah prinsip-prinsip kemanusiaan (contohnya: Gung-Ho!). Berteman dengan para aktivis kampus yang begitu peduli akan kemahasiswaan (yah, mahasiswa itu himpunan bagian manusia toh?). Dan kecintaan pada ekskul T’st yang sedang akut butuh kemajuan dan perbaikan (kalian pasti bisa!).

Terus terang ketika diajak sekolah lagi (S2), saya coba mencari informasi akan program-program yang ditawarkan di universitas-universitas di UK. Saya juga tanya mengenai prospektus karir bagi orang2 dengan latar belakang pendidikan di bidang human resource development. Ternyata disana memang bidang itu diutamakan sekali dalam organisasi ato perusahaan, dan banyak jurusan2 yang menarik untuk program S2-nya.

Saat ini jadi pingin sekali sekolah lagi mempelajari hal itu. pasti menyenangkan belajar hal yang memang kita suka. Walaupun jurusannya agak aneh. But, a smile on happy faces of people is what really matters to me!

A smile on a happy face is what matters to me

3 thoughts on “My Passion (?)

  1. jadi sekarang rencananya S2 ke UK bro?

    kapan berangkat?

    kalau udah di UK, banyak2 cerita ttg hikmah dan budaya unggul orang sana ya🙂

  2. bukan gitu cuy, pengen sih pengen tapi gak ada duit…
    jadi ceritanya, pas gw cari2 info ttg sekolahan itu gw jadi semakin percaya bahwa passion gw ttg HR itu pantes dikejar…
    gitu bos!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s