Documentaries / Feelings

Bagaimana Aku Bisa Masuk EMN

Apa itu EMN? Klik disini

Itu adalah, tempat saya akan kuliah lagi mulai september 2011 sampai July 2013. Sebetulnya ketika aku daftar kesana pada Desember 2010, aku dapat penolakan di bulan Januari 2011. Tapi kok akhirnya bisa diterima?

Memang aku dulu sangat ingin kuliah disana, karena kalo kupelajari syllabus nya sepertinya itulah jurusan yang sangat tepat untuk menunjang orientasi masa depanku. R&D Director of an Indonesian Energy Company. Paling tidak itu yang aku tulis di surat motivasi.

Sebagai mantan pencinta video game, FF VII adalah sebuah game RPG yang paling berkesan dan semua penggemar video game pasti mengerti kenapa. Aku senang, karena secara tidak sengaja pilihan hidupku sedikit menyerempet kisah game tersebut. Bedanya disana Shin-Ra adalah perusahaan energi yang tidak ramah lingkungan malahan kegiatannya mengancam keberlangsungan planet bumi. Sedangkan, konsep sustainability development (environment, social, and, economy) menjiwai perkuliahan EMN. Ini yang membuat aku sangat bersemangat.

Akhirnya aku bertemu seorang perwakilan dari EMN, dan aku minta tolong ke dia bagaimana ya karena aku sangat ingin kuliah disana. Proses yang lalu aku lakukan, adalah aku disarankan ‘memaksa’ mereka dengan surat banding (appeal letter) untuk menunjukkan motivasi dan justifikasi mengapa aku layak diterima. Dilengkapi pula dengan rekomendasi dari para alumni-nya, plus, satu surat referensi dari sebuah perusahaan yang mempromosikan saya sebagai seorang yang berpotensi dan ditunggu untuk berkarya setelah menimba ilmu.  Setelah men-draft surat tersebut selama 1 minggu dibantu edit oleh si perwakilan tadi, 2 minggu setelahnya saya ditelepon bahwa saya diterima. Wuah luar biasa sekali perasaannya saat itu. Ternyata memang perlu sedikit memaksa untuk berhasil dalam hidup.

Mungkin kalo saya ditolak oleh cewe, saya harus bikin surat banding juga ya dan minta rekomendasi dari orang-orang dilampirkan agar dia percaya. Haha.

4 thoughts on “Bagaimana Aku Bisa Masuk EMN

  1. thanx va! sebenernya nyambung ama tulisan gw sebelumnya, emg motivasi itu penting bgt dalam melakukan suatu pekerjaan. Dimana ada kemauan disana pasti ada jalan😉

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s